PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MUTU PELAYANAN KEBIDANAN DI AKADEMI KEBIDANAN GIRI SATRIA HUSADA WONOGIRI
Abstract
ABSTRAK
Motivasi merupakan bagian integral dari dasar pembelajaran, selain itu sebagai salah satu faktor pengukuran efektivitas pembelajaran. peserta didik yang masuk tidak disertai dengan motivasi tinggi dan gaya belajar yang baik, hal ini tentu sedikit banyak berpengaruh terhadap proses belajar mengajar seperti rendahnya semangat untuk belajar, tidak aktif, tidak disiplin atau bahkan putus di tengah jalan yang pada akhirnya prestasi yang diperoleh kurang memuaskan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap prestasi mahasiswa Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. Penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian kuantitatif. Penelitian pertama merupakan Explanatory Research yaitu penelitian penjelasan dengan melakukan uji hubungan antara beberapa variabel kemudian dilihat besarnya pengaruh. Peneliti melakukan pengambilan sampel terpilih dalam suatu populasi dengan pendekatan cross sectional dengan variabel yang termasuk efek (variabel terikat) dengan cara pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach). Sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester V Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri (sampel of total population) atau dalam hal ini digunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 89 mahasiswa. Analisis data menggunakan uji analisis “Analisis Regresi Linier dan Regresi Linier Berganda . Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pengaruh antara motivasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri
Kata kunci: motivasi, gaya belajar, prestasi belajar
ABSTRACT
Motivation is integral part of learning principles and study besides motivation also becomes one of factor determining effective study. Learning style hardly inß uences result of learning. Learning style refers to way of preferred learning of student. Many entering students is not accompanied with high motivation and good learning style, this thing of course more or less having an effect on to learning process to teach like the low of spirit to learn, inactive, not discipline or even middle of street break that is in the end achievement obtained unable to gratify. The purpose to know motivation inß uence and learning style to achievement of student Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. The method of research is explanatory research with approach of cross sectional,. Population in this research is be semester 5 student Midwifery Academy of Giri Satria Husada Wonogiri 89 students. Sampling with purposive sampling with number of samples 89 (sample of total population)..The result 6 is positive inß uence signiÞ can motivation to achievement of student learning Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. There is positive inß uence signiÞ can learning style to achievement of learning. Motivation and learning style inß uential positive and signiÞ can to achievement of learning. There is difference of inß uence between motivations and learning style to achievement of learning.
Keyword: motivation, learning style, achievement of learning
The copyright of the published articles belongs to Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.