PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MUTU PELAYANAN KEBIDANAN DI AKADEMI KEBIDANAN GIRI SATRIA HUSADA WONOGIRI

  • Sri Widayatni

Abstract

ABSTRAK

Motivasi merupakan  bagian  integral  dari  dasar  pembelajaran,  selain  itu  sebagai  salah  satu  faktor pengukuran efektivitas pembelajaran. peserta didik yang masuk tidak disertai dengan motivasi tinggi dan gaya belajar yang baik, hal ini tentu sedikit banyak berpengaruh terhadap proses belajar mengajar seperti rendahnya semangat untuk belajar, tidak aktif, tidak disiplin atau bahkan putus di tengah jalan yang pada akhirnya prestasi yang diperoleh kurang memuaskan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi  dan  gaya  belajar  terhadap  prestasi mahasiswa Akademi Kebidanan Giri  Satria Husada Wonogiri. Penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian kuantitatif. Penelitian pertama merupakan Explanatory Research yaitu penelitian penjelasan dengan melakukan uji hubungan antara beberapa variabel kemudian dilihat besarnya pengaruh. Peneliti melakukan pengambilan sampel terpilih dalam suatu populasi dengan pendekatan cross sectional dengan variabel yang termasuk efek (variabel terikat) dengan cara pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach). Sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester V Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri (sampel of total population) atau dalam hal ini digunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 89 mahasiswa. Analisis data menggunakan uji analisis “Analisis Regresi Linier dan Regresi Linier Berganda . Hasil penelitian  menunjukkan  adanya  perbedaan  pengaruh  antara  motivasi  dan  gaya  belajar  terhadap prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri

Kata kunci: motivasi, gaya belajar, prestasi belajar

 

ABSTRACT

Motivation  is  integral part of  learning principles and study besides motivation  also becomes one of factor determining effective study. Learning style hardly  inß uences result of  learning. Learning style refers  to way of preferred learning of student. Many entering students  is not accompanied with high motivation and good learning style,  this  thing of course more or  less having an effect on to learning process  to teach like  the  low of spirit  to learn,  inactive, not discipline or even middle of street break that  is  in  the end achievement obtained unable  to gratify. The purpose  to know motivation inß uence and learning  style  to achievement of  student Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. The method  of  research  is  explanatory  research  with  approach  of  cross  sectional,.  Population  in  this research  is  be  semester  5  student Midwifery Academy  of Giri  Satria Husada Wonogiri  89  students. Sampling with purposive sampling with number of samples 89 (sample of total population)..The result 6 is positive inß uence signiÞ can motivation to achievement of student learning Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. There is positive inß uence signiÞ can learning style to achievement of learning. Motivation and learning style  inß uential positive and signiÞ can to achievement of  learning. There  is difference of inß uence between motivations and learning style to achievement of learning.

Keyword: motivation, learning style, achievement of learning

Section
Penelitian