PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASKEB II MAHASISWA PRODI D-III KEBIDANAN STIKES KUSUMA HUSADA SURAKARTA

  • Hutari Puji Astuti

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II mahasiswa Program Studi D III Kebidanan STIKes Kusuma Husada Surakarta. Metode penelitian adalah metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 2 semester 4 di STIKes Kusuma Husada Surakarta Prodi D III Kebidanan . Total populasi adalah 114 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi (ANOVA = analysis of variance). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang signiÞ kan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan kebidanan II ( FOBS = 3,573 , p = 0,032 < 0,05 ). Ada hubungan positif yang signiÞ kan antara motivasi dengan prestasi belajar Asuhan Kebidanan II ( FOBS = 10,639 , p = 0,002 <0,01 ). Terdapat hubungan positif yang signiÞ kan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi dengan prestasi mata kuliah Asuhan Kebidanan II ( FOBS = 210,729 , p = 0,000 <0,01 )

Kata kunci: sumber belajar, motivasi belajar, prestasi belajar

 

ABSTRACT

This study aims to determine the relationship between the use of learning resources and learning achievement motivation with Midwifery Care II course students of the D III Midwifery STIKes Kusuma Husada Surakarta . The method used in this study was an observational analytic methods with cross sectional approach. The population in this study were students in level 2 on D-III Midwifery STIKes Kusuma Husada Surakarta. The total population is 114 students . The data analysis technique used in this study is the analysis of variance ( ANOVA = analysis of variance ) . The results showed no signiÞ cant positive relationship between the use of learning resources with learning achievement Midwifery care subjects (fobs = 3.573, p = 0.032 < 0.05 ) . There was a signiÞ cant positive relationship between motivation and learning achievement midwifery care II ( fobs = 10.639 , p = 0.002 < 0.01 ). There is a signiÞ cant positive relationship between the use of learning resources and course achievement motivation with Midwifery Care II ( fobs = 210.729 , p = 0.000 < 0.01 .

Keywords: learning resources, learning motivation , learning achievement

Section
Penelitian