HUBUNGAN HARGA DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN IV PATOLOGI MAHASISWA SEMESTER VII DI PRODI DIV KEBIDANAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

  • Tresia Umarianti

Abstract

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menyelidiki  hubungan  antara  harga  diri  dan  prestasi  belajar  pada subjek Kebidanan Pemeliharaan IV Phatologi mahasiswa semester ketujuh di Program Pascasarjana Kebidanan Universitas  Sebelas Maret  Surakarta, Penelitian  ini menggunakan  teknik  observasi  dan analisis  pendekatan  retrospektif. Pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah menggunakan  rumus Isaac dan Michael adalah 48 responden dari 55 mahasiswa semester tujuh tahun akademik 2010/2011 di Program Pascasarjana Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teknik analisis data adalah korelasi  tunggal, korelasi berganda dan regresi berganda dengan  tingkat  signiÞ kansi  ô€„® = 0,05. Ada hubungan  antara  harga  diri  dan  prestasi  belajar  yang  0.730,  ada  hubungan  antara  emosi  prestasi cerdas dan belajar yang 0,648, sedangkan analisis korelasi perkalian menunjukkan bahwa harga diri dan  emosional  cerdas  secara  simultan mempengaruhi  prestasi  belajar  yang  0.811.  Kesimpulannya adalah 1 ) Ada hubungan signiÞ kan positif antara harga diri dan prestasi belajar, 2 ) Ada hubungan signiÞ kan  positif  antara  emosional  prestasi  cerdas  dan  belajar,  3  ) Ada  hubungan  signiÞ kan  positif antara harga diri dan emosional cerdas melalui prestasi belajar.

Kata kunci: harga diri , kecerdasan emosi prestasi belajar

ABSTRACT

This research is aimed at investigating the relationship between self-esteem and learning achievement in the subject of Midwifery Rearing IV Phatologi of the seventh semester students in Graduate Program Midwifery Sebelas Maret University Surakarta, This research applies analytical observation technique and  Retrospektif  approach.  The  sampling  used  is  using  Isaac  and  Michael  formula  which  is  48 respondents of 55 seventh semester students academic year 2010/2011 in Graduate Program Midwifery Sebelas Maret University Surakarta. The  techniques of analysis data are single correlation, multiple correlation  and  multiple  regressions  with  the  level  of  signiÞ cance  ô€„®  =  0.05.  There  is  relationship between self-esteem and learning achievement which is 0.730, there is relationship between emotional intelligent and learning achievement which is 0.648, while the multiplication correlation analysis shows that self-esteem and emotional intelligent simultaneously inß uence learning achievement which is 0.811. The  conclusion  are  1)  There  is  positive  signiÞ cance  relationship  between  self-esteem  and  learning 20 achievement, 2) There is positive signiÞ cance relationship between emotional intelligent and learning achievement, 3) There is positive signiÞ cance relationship between self-esteem and emotional intelligent through learning achievement.

Keywords: self-esteem, emotional intelligent, learning achievement

Section
Penelitian