HUBUNGAN HARGA DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN IV PATOLOGI MAHASISWA SEMESTER VII DI PRODI DIV KEBIDANAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara harga diri dan prestasi belajar pada subjek Kebidanan Pemeliharaan IV Phatologi mahasiswa semester ketujuh di Program Pascasarjana Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan analisis pendekatan retrospektif. Pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan rumus Isaac dan Michael adalah 48 responden dari 55 mahasiswa semester tujuh tahun akademik 2010/2011 di Program Pascasarjana Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teknik analisis data adalah korelasi tunggal, korelasi berganda dan regresi berganda dengan tingkat signiÞ kansi 􀄮 = 0,05. Ada hubungan antara harga diri dan prestasi belajar yang 0.730, ada hubungan antara emosi prestasi cerdas dan belajar yang 0,648, sedangkan analisis korelasi perkalian menunjukkan bahwa harga diri dan emosional cerdas secara simultan mempengaruhi prestasi belajar yang 0.811. Kesimpulannya adalah 1 ) Ada hubungan signiÞ kan positif antara harga diri dan prestasi belajar, 2 ) Ada hubungan signiÞ kan positif antara emosional prestasi cerdas dan belajar, 3 ) Ada hubungan signiÞ kan positif antara harga diri dan emosional cerdas melalui prestasi belajar.
Kata kunci: harga diri , kecerdasan emosi prestasi belajar
ABSTRACT
This research is aimed at investigating the relationship between self-esteem and learning achievement in the subject of Midwifery Rearing IV Phatologi of the seventh semester students in Graduate Program Midwifery Sebelas Maret University Surakarta, This research applies analytical observation technique and Retrospektif approach. The sampling used is using Isaac and Michael formula which is 48 respondents of 55 seventh semester students academic year 2010/2011 in Graduate Program Midwifery Sebelas Maret University Surakarta. The techniques of analysis data are single correlation, multiple correlation and multiple regressions with the level of signiÞ cance 􀄮 = 0.05. There is relationship between self-esteem and learning achievement which is 0.730, there is relationship between emotional intelligent and learning achievement which is 0.648, while the multiplication correlation analysis shows that self-esteem and emotional intelligent simultaneously inß uence learning achievement which is 0.811. The conclusion are 1) There is positive signiÞ cance relationship between self-esteem and learning 20 achievement, 2) There is positive signiÞ cance relationship between emotional intelligent and learning achievement, 3) There is positive signiÞ cance relationship between self-esteem and emotional intelligent through learning achievement.
Keywords: self-esteem, emotional intelligent, learning achievement
The copyright of the published articles belongs to Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.