PENGARUH MODEL ESSAI TEST DAN MULTIPLE CHOICE QUESTION DENGAN MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN GIRI SATRIA HUSADA WONOGIRI
Abstract
ABSTRAK
Para siswa cenderung menyukai jika uji yang digunakan pada akhir pembelajaran adalah tes pilihan ganda jika dibandingkan dengan tes esai . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tes esai dan soal pilihan ganda tentang motivasi belajar dari kinerja belajar siswa . Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental populasi di mana populasi adalah mahasiswa Giri Satria Husada Akademi Kebidanan Wonogiri Tahun 2011/2012 dari 96 siswa . Sampel yang diambil adalah semua siswa atau total sampling . Analisis data dilakukan secara univariat , bivariat dengan Kendall Tau dan multivariat dengan Anova dua arah . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tes pilihan ganda berpengaruh terhadap motivasi 0,054 dengan taraf signiÞ kansi 0,01 dan uji esai memiliki pengaruh yang lebih besar dari 0.776 pada motivasi belajar dengan tingkat signiÞ kansi 0,00 Uji model mempengaruhi kinerja belajar dari 0,94 dengan tingkat signiÞ kansi 0,171 yang berarti bahwa tidak ada pengaruh dan belajar kinerja belajar pengaruh motivasi 36.8 dengan tingkat signiÞ kansi 0,00 , yang berarti bahwa sangat signiÞ kan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa model uji tidak akan mempengaruhi kinerja belajar tetapi belajar kinerja belajar pengaruh motivasi , dan motivasi belajar dipengaruhi oleh jenis tes yang digunakan .
Kata kunci: tes esai, tes pilihan ganda, motivasi belajar, kinerja belajar
ABSTRACT
The students tend to like if the test used on the end of learning is multiple choice test if compared with essay test. The objective of this study is to know the inß uence of essay test and multiple choice questions on learning motivation from students’ learning performance. The type of study is a population experimental study in which the population was students of Giri Satria Husada Midwifery Academy of Wonogiri Year of 2011/2012 of 96 students. The samples taken were all students or total sampling. Data analysis was univariate, bivariate with Kendall Tau and Multivariate with two-way Anova. The result of this study showed that multiple choice test has inß uence on motivation of 0.054 with signiÞ cance level of 0.01 and essay test has larger inß uence of 0.776 on learning motivation with signiÞ cance level of 0.00. Test model inß uence the learning performance of 0.94 with signiÞ cance level of 0.171 meaning that there is no inß uence and learning motivation inß uence learning performance of 36.8 with signiÞ cance level of 0.00, meaning that it is very signiÞ cant. The results of study, there concluded that test model would not inß uence learning performance but learning motivation inß uence learning performance, and learning motivation is inß uenced by the type of test used.
Key words: essay test, multiple choice test, learning motivation,learning performance
The copyright of the published articles belongs to Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.