PENGETAHUAN PERAWAT TERHADAP RESPON HOSPITALISASI ANAK USIA PRA SEKOLAH

  • Wahyu Rima Agustin

Abstract

ABSTRAK

Sakit  (illness)  adalah  penilaian  individu  terhadap  pengalaman  menderita  suatu  penyakit.  Akibat perawatan di Rumah Sakit khususnya bagi pasien anak-anak bisa menimbulkan dampak baik terhadap Þ sik maupun psikologis diantaranya kecemasan, merasa asing akan lingkungan yang baru, berhadapan dengan  sejumlah  individu  yang  belum  dikenal,  perubahan  gaya  hidup  dari  yang  biasa,  serta  harus menerima  tindakan  medik  atau  perawatan  yang  menyakitkan.  Anak-anak  yang  dirawat  lebih  dari dua minggu memiliki  resiko mengalami  gangguan  bahasa  dan  perkembangan  ketrampilan  kognitif, serta  pengalaman  buruk  di  Rumah  Sakit  sehingga  dapat merusak  hubungan  dekat  antara  ibu  dan anak. Perawatan anak  di  ruang anak  sangat berbeda dengan perawatan orang dewasa maka  untuk perawatan anak  tidak cukup hanya terampil dalam melaksanakan prosedur keperawatan tetapi  juga harus mempunyai minat, motivasi serta mengetahui tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai  dengan umurnya. Karakteristik perkembangan  anak usia pra  sekolah  antara  lain  egosentris, keras kepala, mulai belajar mencintai dari orang yang terdekat atau orang satu rumah, usia bermain dan anak sudah mulai belajar untuk bersosialisasi. Apabila anak usia pra sekolah menderita sakit dan harus  dirawat  di Rumah  Sakit  reaksi-reaksi  yang muncul  biasanya  sangat  kompleks  dan  bervariasi diantaranya regresi (rasa tergantung/tidak mau ditinggal), rasa takut, dan cemas, merasa dipisahkan dari keluarga, putus asa, dan protes . Perawat mampu mengidentiÞ kasi respon hospitalisasi anak usia pra sekolah yang dirawat di Rumah Sakit berdasarkan tingkat pengetahuannya. Pengetahuan perawat dipengaruhi oleh pendidikan, pengalaman kerja, minat dan motivasi

Kata kunci: pengetahuan perawat, hospitalisasi, anak usia prasekolah

 

ABSTRACT

Illness  is  an  individual  assessment  of  the  experience  of  suffering  from  a  disease  .  As  a  result  of hospitalization,  especially  for  pediatric  patients  can  have  an  impact  both  on  the  physical  and psychological  anxiety  among  others,  will  feel  strange  new  environment,  dealing  with  a  number  of individuals who have not known,  lifestyle changes  than usual, and had to  receive medical action or painful treatments . Children who were cared more than two weeks at risk for developmental language disorders and cognitive skills, as well as a bad experience at the hospital so that it can damage the close relationship between mother and child. Child care in the nursery is very different from the adult care for child care is not enough just skilled in performing nursing procedures but should also have an interest, motivation and know the stages of growth and development of children according to age. Characteristics of the development of pre-school children, among others, an egocentric, stubborn, start learning to love from  the nearest person or persons of  the house,  the age of  the child has begun to play and learn to socialize . If the pre-school age children suffer from pain and had to be treated in hospital reactions that arise are usually very complex and varies among regression, fear, and anxiety, feeling separated from families, despair and protest. Nurses were able to identify the response of hospitalization hospitalization response pre-school children who were hospitalized in a knowledge based level. Knowledge of nurses is inß uenced by education, work experience, interests and motivations

Keywords: knowledge of nursing, hospitalization, preschoolers

Section
Penelitian