Survei Kepuasan Pegawai di RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

  • Frieda Ani Noor Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Aris Prastyoningsih Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Olivia Virvizat Prasastin Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Merry Oktariani Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Anggi Putri Aria Gita Universitas Kusuma Husada Surakarta
Keywords: Kepuasan, Kepuasan Pegawai, Rumah Sakit, Satisfaction, Employee Satisfaction, Hospital

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi tergantung pada kemampuan organisasi dalam melakukan manajemen yang efektif  dan memelihara kepuasan pegawai. Kepuasan kerja merupakan faktor yang sangat penting bagi industri jasa seperti rumah sakit, karena diasumsikan bahwa jika pegawai puas dengan pekerjaanya maka akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan dilaksanakannya survei kepuasan internal pegawai adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan internal pegawai terhadap pengelolaan  manajemen di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Survei dilakukan dengan metode kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Agustus 2020. Survei kepuasan pegawai dilakukan dengan kuesioner digital (online). Sampel penelitian ini adalah seluruh Karyawan tetap di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Penelitian menghasilkan aspek yang memiliki tingkat ketidakpuasan paling tinggi dengan kesenjangan atau gap sebesar 0,51 yaitu aspek Employee Career & Development. Sebaliknya aspek yang memiliki tingkat ketidakpuasan paling rendah adalah aspek HR, policy, and code of conduct dengan gap sebesar 0.10, ini menggambarkan bahwa karyawan Rumah Sakit merasa Puas dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit saat ini. Nilai kepuasan pegawai keseluruhan adalah 0,29, hal ini berarti secara keseluruhan pegawai merasa puas akan pelayanan manajemen. Secara keseluruhan penilaian kepuasan pegawai RS ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO diperoleh rata-rata “Puas” dengan nilai rata-rata kumulatif IPA 0,29. Aspek yang menjadi fokus Rumah Sakit (kuadran I) adalah aspek Employee Career & Development dan Peer Relation, sedangkan aspek yang perlu dimaintenance dan ditingkatkan (kuadran II) adalah EHS.

 

The success of an organization depends on the organization's ability to carry out effective management and maintain employee satisfaction. Job satisfaction is a important factor for service industries such as hospitals, because it is assumed that if employees are satisfied with their work, it will affect customer satisfaction. The purpose of conducting the employee internal satisfaction survei is to determine the extent to which the level of internal employee satisfaction with the management of the Orthopedic Hospital. Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. The survei was conducted using a quantitative method which was carried out from February to August 2020. The employee satisfaction survei was conducted using a digital (online) questionnaire. The sample of this study were all permanent employees at Orthopedic Hospital. Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. The study resulted in the aspect that had the highest level of dissatisfaction with a gap of 0.51, namely the Employee Career & Development aspect. On the other hand, the aspect that has the lowest level of dissatisfaction is the HR, policy, and code of conduct aspect with a gap of 0.10, this illustrates that the hospital employees are satisfied with the policies issued by the hospital at this time. The overall employee satisfaction value is 0.29, this means that overall employees are satisfied with management services. Overall, the assessment of employee satisfaction at the Orthopedic Hospital. Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta obtained an average of "Satisfied" with a cumulative average value of 0.29 IPA. The aspects that become the focus of the Hospital (quadrant I) are the Employee Career & Development and Peer Relations aspects, while the aspects that need to be maintained and improved (quadrant II) are EHS.

Published
2022-01-24
Section
Articles