PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DAN LOGOTERAPI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA DAHLIA PUSKESMAS MOJOSONGO SURAKARTA

  • Joko Kismanto
  • Diyah Ekarini
  • Nurul Devi Ardiani

Abstract

ABSTRAK
Lansia atau usia lanjut merupakan bagian dari proses kehidupan yang tidak dapat dihindarkan dan akan dialami oleh setiap individu. Pada aspek kesehatan, peningkatan jumlah tersebut akan menimbulkan masalah fungsional maupun psikologi. Masalah psikologi yang lazim dan praktis ada pada lansia adalah kecemasan. Pemberian pendidikan kesehatan dan logoterapi pada lansia diharapkan dapat memaknai hidup dengan perubahan yang dialami sehingga ia dapat produktif dalam keterbatasan yang dimilikinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dan logoterapi untuk menurunkan kecemasan pada lansia di posyandu lansia dahlia puskemas mojosongo surakarta. Metode penelitian adalah quasi experiment dengan desain pre-post test design with control group. Data diambil sebelum dan sesudah pemberian intervensi pendidian kesehatan dan logoterapi pada lansia yang mengalami kecemasan di kelompok intervensi. Cara pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 klien dibagi 2 yaitu 30 responden untuk kelompok intervensi dan 30 responden untuk kelompok kontrol. Instrumen menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) yang berjumlah 14 pertanyaan. Analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Paired t-tes serta uji independen sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan penurunan kondisi kecemasan secara bermakna pada kelompok intervensi maupun kontrol (p value< 0,05). Penurunan kondisi kecemasan pada kelompok lansia yang mendapatkan pendidikan kesehatan dan logoterapi menurun lebih rendah secara bermakna dibanding dengan kelompok lansia yang tidak mendapatkan pendidikan kesehatan dan logoterapi (p value< 0,05). Pendidikan kesehatan dan logoterapi direkomendasikan sebagai terapi dalam mendampingi lansia dengan kondisi cemas.
Kata kunci: lansia, logoterapi, kecemasan, pendidikan kesehatan


ABSTRACT
Elderly is part of the process of life that can not be avoided and will be experienced by each individual. On the health aspect, the increase in the amount will cause problems, both functional and psychological problems. Psychological problems and practical common in the elderly there is anxiety. The provision of health education and logotherapy in the elderly is expected to make sense of life with the changes experienced so that he can be productive within its limitations. The purpose of this study to determine the effect of health education and Logotherapy to reduce anxiety in the elderly in the neighborhood health center clinics elderly Dahlia Mojosongo Surakarta. The research method was quasi experiment with pre - post test design with control group. Data were taken before and after the administration of health and logotherapy pendidian intervention in the elderly who experience anxiety in the intervention group. Total sampling with a sample of 60 clients divided by 2 group is 30 respondents to the intervention group and 30 respondents to the control group. The research instrument to determine anxiety questionnaire Hamilton Anxiety Rating Scale (Hars) which amounts to 14 questions, were analyzed using univariate and bivariate Paired t - test and independent sample t - test test. The results of this study showed a significant decrease in anxiety conditions, both in the intervention and control groups (p value < 0.05). The declining state of anxiety in the elderly group who received health education and logotherapy declined significantly lower compared with elderly people who do not get health education and logotherapy (p value < 0.05). Health education and logotherapy recommended as therapy in assisting the elderly with anxiety conditions .
Keywords: elderly, anxiety, health education, logotherapy

Section
Penelitian