PENGARUH WAKTU TUNGGU TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG YANG DIMEDIASI KEPUASAN PASIEN

  • Morita Dwi Tinaningsih Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Erliany Syaodih Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Agus Hadian Rahim Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Waiting time, Satisfaction, Repeat visit interest

Abstract

Waktu tunggu yang lama dalam proses mendapatkan pelayanan bagi pasien di Rumah Sakit dapat menyebabkan ketidakpuasan dan mempengaruhi pasien untuk melakukan kunjungan ulang rawat jalan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu tunggu terhadap kunjungan ulang pasien yang dimoderasi oleh kepuasaan pasien mendapatkan pelayanan. Desain penelitian ini adalah jenis studi survei kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Studi tersebut dilakukan di RSUD Panglima Sebaya pada bulan November 2023. Metode penelitian menggunakan purposive sampling, dengan memilih subjek yang memenuhi kriteria responden/sampel sebanyak 376 Pasien Rawat Jalan. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh waktu tunggu terhadap kepuasan pasien diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05), dan pengaruh waktu tunggu terhadap kunjungan ulang pasien nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05), serta pengaruh kepuasan pasien terhadap kunjungan ulang diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh waktu tunggu terhadap kepuasan pasien, ada pengaruh waktu tunggu terhadap kunjungan ulang pasien dan ada pengaruh kepuasan pasien terhadap kunjungan ulang.

 

 

Long waiting times in the process of getting services for patients at the hospital can cause dissatisfaction and influence patients to make outpatient re-visits. This study aims to determine the effect of waiting time on patient revisits moderated by patient satisfaction with service. This research design is a type of quantitative survey study with a cross-sectional approach. The study was conducted at Panglima Sebaya Hospital in November 2023. The research method uses purposive sampling, by selecting subjects who meet the criteria for respondents/samples of 376 outpatients. The data analysis used was logistic regression test. The results showed that the effect of waiting time on patient satisfaction obtained a p-value of 0.000 (<0.05), and the effect of waiting time on patient revisit p-value of 0.000 (<0.05), and the effect of patient satisfaction on revisit obtained a p-value of 0.000 (<0.05). The conclusion in this study is that there is an effect of waiting time on patient satisfaction, there is an effect of waiting time on patient revisits and there is an effect of patient satisfaction on revisits.

Published
2024-07-29
Section
Articles