Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa Semester III Akbid Mitra Husada Karanganyar

  • - Wijayanti

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan tentunya tidak terlepas dari minat baca, karena untuk mencapai keberhasilan bidang tertentu, seseorang harus memahami ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bidang tersebut. Ada kalanya taraf kemajuan suatu bangsa dilihat dari sejauh mana membaca menjadi kebiasaan masyarakatnya. Semakin tinggi minat baca masyarakat pada umumnya akan berpengaruh pada semakin maju pola pikir masyarakat tersebut. Melihat pentingnya membaca pemerintah mewujudkan minat baca masyarakat. Saat ini minat baca masyarakat Indonesia masih terbilang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar. Penelitian dilaksanakan di kampus akbid Mitra Husada Karangnyar

Jenis penelitian yang akan digunakan adalah observasional analitik dengan rancangan desain cross sectional untuk mempelajari hubungan minat baca dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II pada mahasiswa semester III Akademi Kebidanan (AKBID) Mitra Husada Karanganyar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penghitungan didapatkan t hitung 9,24, kemudian dibandingkan dengan t taM untuk taraf kesalahan 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (dk) 94 diperoleh harga t = 1,980. Karena harga t hitung lebih besar daripada harga tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima (harga 9,24 > 1,980) dengan nilai p(rtio) lebih kecil dari tingkat kesalahan alpha (0,000 < 0,05) sehingga hasil penelitian dinyatakan signifikan dan benar yang berarti ada hubungan minat baca dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan Kebidanan II. Penelitian menunjukkan menunjukkan adanya hubungan minat baca dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II pada mahasiswa semester III Akademi kebidanan Mitra Husada Karanganyar. Dalam hal ini hasil berupa hubungan yang positif artinya minat baca yang tinggi akan diikuti dengan prestasi belajar yang memuaskan.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapat makna disarankan agar setiap mahasiswa meningkatkan minat baca karena merupakan faktor penting dalam upaya mencapai prestasi, untuk itu tanamkanlah kesadaran, kemauan dan perhatian terhadap aktivitas membaca.

Kata kunci: Minat Baca, Prestasi Belajar dan Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II

ABSTRACT

Education must not be separated from the interest in reading, because to achieve the success of a particular field, one must understand the science related to the field. There are times when the level of advancement of a nation be seen from the extent to which reading becomes a habit people. The higher the reading public in general will affect the mindset of the more advanced societies. Seeing the government realize the importance of reading the public interest in reading. Currently reading interest of Indonesian society is still fairly low.

This study aims to determine the relationship between reading interest in learning achievement. The experiment was conducted on campus akbid Partners Husada Karangnyar This type of research to be used is to design an observational analytic cross sectional design to study the relationship of reading with learning achievement Obstetric Care II courses in Midwifery Academy III semester students (AKBID) Partner Husada Karanganyar. The results obtained indicate that based on the calculation of t count 9.24, then compared with the t table for the error level of 5% (0.05) with degrees of freedom (dk) 94 t = 1.980 obtained prices. Because the price of t count is greater than the price of the table, so Ho rejected and Ha accepted (price 9.24> 1.980) with a value of p (rho) is smaller than the error rate alpha (0.000 <0.05) so that the results of the study revealed significant and correctly which means there is a relationship with reading achievement in subjects Obstetric Care II.

Research shows interest in reading suggests a link with learning achievement Obstetric Care II courses in Academy III semester students of obstetrics Partners Husada Karanganyar. In this case the result of a positive relationship means a high interest in reading will be followed by a satisfactory learning achievements. Based on research results obtained suggested that the meaning of each student increase reading because it is an important factor in efforts to achieve the feat, for it tanamkanlah awareness, willingness and interest in reading activities.

Keywords: Interest in Reading, Learning Achievement and Midwifery Care Course II
Section
Penelitian