Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Perubahan Fisik pada Masa Pubertas dengan Konsep Diri Remaja SMP Negeri 6 Yogyakarta

  • Siti Mardiyah

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : masa remaja merupakan suatu tahap dalam perkembangan manusia. Pada masa remaja terjadi perubahan fisik yang membedakan remaja laki-laki dan perempuan. Perkembangan fisik yang tidak sama pada setiap orang menyebabkan remaja sangat cemas akan perkembangan fisiknya, sehingga akan berpengaruh juga pada konsep dirinya. Tujuan Penelitian : untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang perubahan fisik pada masa pubertas dengan konsep diri remaja SMP Negeri 6 Yogyakarta.

Metode Penelitian : jenis penelitian deskriptif analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. pengambilan sampel secara proportionate stratified random samping. Analisis data menggunakan Chi Square. Hasil Penelitian : sebanyak 70 siswa, 64 siswa (91,42%) mempunyai tingkat pengetahuan baik mengenai perubahan

fisik pada masa pubertas dan tingkat pengetahuan sedang sebanyak 6 siswa (8,58%), sedangkan remaja yang mempunyai konsep diri positif sebanyak 66 siswa (94,2%), konsep diri negatif sebanyak 4 orang (5,8%). Hasil perhitungan statistik menunjukkan tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang perubahan fisik pada masa pubertas dengan konsep diri remaja (p>0.05)

Kata Kunci : Pengetahuan perubahan fisik, Konsep diri, Remaja

ABSTRAC

Background: adolescence is a stage in human development. In adolescence the physical changes that distinguish adolescent boys and girls. Physical development is not the same in every person causing teenagers are very worried about physical development, so it will an effect also on the concept itself. Research objectives: to detemiine the relationship between the level of knowledge about physical changes during puberty with the adolescent self-concept school Affairs 6 Yogyakarta.

Research Methods: type of study correlational descriptive analytic cross sectional approach, proportionate sampling stratified random side. Data analysis using Chi Square. Research Findings: as many as 70 students, 64 students (91.42%) had a good level of knowledge about    the changes during puberty and the physical level of knowledge are as many as 6 students (8.58%), whereas adolescents who have positive self-concept as many as 66 students (94.2%), negative self-concept as much as 4 people (5.8%). The results of statistical calculations show there is no relationship between the level of knowledge about physical changes during puberty with adolescent self-concept (p> 0.05)

Keywords: Knowledge of physical changes, self concept, Youth
Section
Penelitian