HUBUNGAN ROLE MODEL CLINICAL INSTRUCTOR DENGAN KONSEP DIRI MAHASISWA S-1 KEPERAWATAN SAAT PERTAMA KALI MENGIKUTI PRAKTIK KLINIK

  • O Oktavianus
  • Rufaida Nur Fitriana
  • Rendi Editya Darmawan

Abstract

ABSTRAK
Praktik klinik dilaksanakan untuk mencapai tujuan membentuk konsep diri mahasiswa sebagai perawat yang profesional. Konsep diri meliputi gambaran diri, identitas diri, peran diri, ideal diri dan harga diri. Konsep diri mahasiswa sebagai perawat akan menentukan motivasi mahasiswa dalam menempuh pendidikan selanjutnya dan karier sebagai perawat.  Instruktur klinik atau CI berperan sebagai ahli, fasilitator,  pelatih  dan  pemberi  umpan  balik.  Instruktur  atau  CI  berperan  utama  dalam meningkat proses belajar mahasiswa melalui dukungan, bertindak  sebagai model peran, peran  sosialisasi, dan  bertindak sebagai penilai.  Instruktur klinik  juga berfungsi sebagai mentor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika, sedangkan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi S-1 Keperawatan Angkatan Tahun 2011 STIKes Kusuma Husada Surakarta. Jumlah populasi adalah 48 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel secara total sampling,
yaitu  pengambilan  sampel  secara  menyeluruh.  Dalam  penelitian  ini  pengumpulan  data  untuk  tiap variabel menggunakan kuesioner penelitian terdiri atas 3 bagian antara lain: Model Peran CI diukur oleh Dempster  Praktek  Skala  Perilaku  ( DPbS  ). Konsep  diri  diukur  dengan Nurse Diri  - Konsep Questionnaire ( NSCQ ). Data dianalisis dengan uji Mann - Whitney U dengan taraf signiÞ kansi ô€„® ô€‚” 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara role model CI dengan konsep diri mahasiswa saat pertama kali praktik.
Kata kunci: role model, instruktur klinik, konsep diri, praktek klinik

ABSTRACT
Clinical  practice  set  out  to  form  a  self-concept  of  students  as  a  professional  nurse.  Self-concept includes self-image, self-identity, the role of self, ideal self and self-esteem. Self-concept as a student nurse will determine  the motivation of students  in his education and career as a nurse next. Clinical instructor or CI role as expert, facilitator, trainer and provider feedback. Instructor or CI plays a key role  in  increasing  student  learning  through  support,  acting  as  a  role model,  socialisation  role,  and act as assessors. Instructor clinic also serves as a mentor. This research is quantitative research that emphasizes the analysis of numerical data ( numbers ) are processed with statistical methods, while the research design used in this research is descriptive analytical cross-sectional approach. The population 61 in this study were all students Prodi S - 1 Nursing Force in 2011 STIKes Kusuma Husada Surakarta. Total population is 48 students. Sampling technique in total sampling, ie full sampling. In this study data collection for each variable using the study questionnaire consisted of three parts include: Role Model CI measured by Dempster Practice Behavior Scale  ( DPbS ). Nurse self-concept was measured with the Self - Concept Questionnaire ( NSCQ ). Data were analyzed with the Mann - Whitney U test with signiÞ cance level ô€„® ô€‚” 0.05. The results showed that there was no relationship between the CI role model student self-concept at Þ rst practice.
Keywords: role model, instructor clinics, self-concept, clinical practice

Section
Penelitian