Perbedaan Prestasi Belajar Berdasar Tingkat Aktivitas dalam Organisasi Ekstrakurikuler pada Mahasiswa Program Studi DIV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta

  • Mei Lina Fitri Kumalasari

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : aktivitas dalam organisasi ekstrakurikuler merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Dengan mengikuti kegiatan dalam organisasi ekstrakurikuler, mahasiswa dapat mengembangkan bakat dan minta serta dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik mereka. Tujuan Penelitian : mengetahui perbedaan prestasi belajar berdasar tingkat aktivitas dalam organisasi ekstrakurikuler. Metode Penelitian : observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis uji statistik dengan uji t tak berpasangan Hasil Penelitian : dari 53 responden menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif organisasi kstrakurikuler dengan yang tidak aktif organisasi ekstrakurikuler. Mahasiswa yang aktif dalam organisasi ekstrakurikuler mempunyai prestasi yang lebih baik dari pada mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh pi = 3,105 dan p2 = 2,7940 (mi>M2 ) dengan signifikansi 0,003 (P< 0,05). Artinya, terdapat perbedaan prestasi belajar berdasar tingkat aktivitas dalam organisasi ekstrakurikuler pada mahasiswa D IV Kebidanan UNS. Prestasi belajar pada mahasiswa yang aktif dalam organisasi ekstrakurikuler lebih baik dari pada mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi ekstrakurikuler.

Kata Kunci : Tingkat Aktivitas Dalam Organisasi Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar

ABSTRACT

Background: The extracurricular activity of the organization is one of the factors that influence learning achievement. By following extracurricular activities within the organization, students can develop their talents and have and can develop cognitive skills, affective and psychomotor them. Research objectives: to know the difference learning achievement based extracurricular activity levels within the organization. Research Methods: Observational cross sectional analytic approach, with a proportionate stratified random sampling technique. Analysis of statistical tests with unpaired t test Research Results: of 53 respondents indicated that there are differences in learning achievement between students who are active organization with an inactive extracurricular organizations. Students who are active extracurricular organization has a better performance than the students who are not active in extracurricular organizations. Based on the results of statistical tests obtained p1 - ¡j2 = 3.10 and 2.7940 (p1> p2) with a significance of 0.00 (P <0.05). That is, there are differences in leamin achievement based on activity levels in th< organization on student extracurricular D IV Midwifery UNS. Learning achievement in student; who are active in extracurricular organizatior better than students who are not active in extracurricular organizations.

Keywords: Organizational Levels In Extracurricular Activities, Learning Achievement
Section
Penelitian