ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD KARANGANYAR

  • Joko Kismanto Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Agus Suryo Murtopo Universitas Kusuma Husada Surakarta
Keywords: Satisfaction, Physical Evidence, Reliability, Responsivenee, assurance, Empathy, Kepuasan, Bukti fisik, Keandalan, Daya tanggap, Jaminan, empati

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan tempat yang sangat dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat. Pelayanan yang baik akan mempengaruhi kepuasaan pasien. Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di tempat pelayanan kesehatan tersebut. Mengetahui kepuasan pasien sangat bermanfaat bagi instansi terkait dalam rangka evaluasi program yang sedang dijalankan dan dapat menemukan bagian mana yang membutuhkan peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional yaitu penelitian yang bertujuan mencari hubungan antara variabel. Pendekatan penelitian dengan cross-sectional Cara pengambilan simple random sampling dengan sampel pasien rawat inap di RSUD Karanganyar. Cara pengumpulan data dengan kuesioner, dimana pengujian hipotesis menggunakan analisa statistik deskriptif dengan analisis uji bivariat dan multivariat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel dominan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien adalah variabel keandalan.

Health services are a place that is needed by all people. Good service will affect patient satisfaction. Patient satisfaction in health services is very important to note because it can describe the quality of service at the health service place. Knowing patient satisfaction is very useful for relevant agencies in the context of evaluating programs that are being run and can find which parts need improvement. This study aims to determine the effect of service quality on inpatient satisfaction. This type of research is descriptive correlational research that aims to find the relationship between variables. The research approach is cross-sectional. The method of taking is simple random sampling with a sample of hospitalized patients at Karanganyar Hospital. The method of collecting data is using a questionnaire, where hypothesis testing uses descriptive statistical analysis with bivariate and multivariate test analysis. The results of this study indicate that the variables of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy have a positive and significant effect on patient satisfaction. The conclusion of this study also shows that the dominant variable that has a positive and significant effect on patient satisfaction is the reliability variable.

Published
2023-01-24
Section
Articles