PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGHADAPI MENARCHE SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO
Abstract
Masa remaja ialah peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Pada masa ini terjadi perubahan fisiologis dan psikologis. Salah satu perubahan fisiologis wanita adalah menstruasi. Menstruasi pertama disebut dengan menarche. Pengetahuan remaja putri tentang menarche akan mempengaruhi persepsi mereka tentang menarche, hal ini akan berpengaruh terhadap sikap remaja dalam menghadapi menarche. Pendidikan kesehatan diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap positif remaja putri terhadap menarche. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap menghadapi menarche. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimental dengan the nonequivalent with control group desain. Responden penelitian adalah remaja putri berjumlah 30 orang. Uji statistik menggunakan uji Independent T Test diperoleh nilai p value (0,00) < α (0,05) maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap menghadapi menarche. Hasil penelitian ini dapat menambah informasi bagi remaja putri dalam persiapan menghadapi menarche melalui pendidikan kesehatan dengan media video sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap positif dalam menghadapi menarche. Kesimpulan penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan media video berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap positif remaja putri dalam menghadapi menarche. Meningkatkannya pengetahuan dapat merubah persepsi remaja putri tentang menarche, sehingga mereka dapat bersikap positif dalam menghadapi menarche.
Adolescence is a transition from childhood to adulthood. During this period, physiological and psychological changes occur. One of the physiological changes in women is menstruation. The first menstruation is called menarche. Knowledge of young women about menarche will affect their perceptions of menarche, this will affect the attitude of adolescents in dealing with menarche. Health education is needed to increase the knowledge and positive attitude of young women towards menarche. The research objective was to determine the effect of health education using video media on knowledge and attitudes towards menarche. The research design used Quasi Experimental with the nonequivalent control group design. The research respondents were 30 young women. Statistical tests using the Independent T Test obtained a p value (0.00) < α (0.05) so it was concluded that there was a significant effect of health education using video media on knowledge and attitudes towards menarche. The results of this study can add information to young women in preparation for menarche through health education using video media so that they can increase their knowledge and positive attitude in dealing with menarche. The conclusion of this study is that health education using video media has an effect on increasing knowledge and positive attitudes of young women in facing menarche. Increasing knowledge can change young women's perceptions of menarche, so that they can have a positive attitude in dealing with menarche.
Copyright (c) 2023 Jurnal Kesehatan Kusuma Husada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the published articles belongs to Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.