PENINGKATAKAN MANAJEMEN DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN DAN STRES MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENJALANI SKRIPSI
Abstract
Pendidikan tinggi tidak terlepas dari peran keaktifan mahasiswa. Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagi individu. Bagi sebagian mahasiswa, tugas akhir atau skripsi adalah suatu hal yang bermanfaat untuk melatih dan menguji kulaitas diri, tambahan ilmu pengetahuan, berfikir kritis, tanggung jawab, dan sebagai sarana untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama menempuh studi yang dianggap biasa saja. Kecemasan yang ditimbulkan bagi mahasiswa akan memunculkan masalah-masalah yang berhubungan dengan motivasi, prestasi, dan berdampak psikologis. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen dalam menurunkan tingkat kecemasan dan stress mahasiswa keperawatan dalam menjalani skripsi. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Reseacrh dimana pengabdian kepada masyarakat berutujuan untuk memberikan pembelajaran dalam mengatasu masalah. Jumlah partisipan sebanyak 81 orang yang dipilih secara khusus dengan memiliki kriteria program studi keperawatan sarjana dan menempuh pembuatan skripsi. Penilaian menggunakan kuesioner manajemen kecemasan Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan adanya peningkatan dari kecemasan 43, 77 menjadi 16,18 dan dari stres 25,01 menjadi 12,05. Kesimpulan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa peningkatan manajemen dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres pada mahasiswa yang menjalani skripsi.
Higher education cannot be separated from the active role of students. Holding a student title is both an honor and a challenge for individuals. For some students, a final assignment or thesis is something that is useful for training and testing one's own quality, additional knowledge, critical thinking, responsibility, and as a means to apply the knowledge gained during studies that are considered normal. The anxiety caused by students will give rise to problems related to motivation, achievement and psychological impacts. This community service aims to improve management in reducing the level of anxiety and stress of nursing students when undertaking their thesis. The method used is Participatory Action Research where community service aims to provide learning in overcoming problems. The number of participants was 81 people who were specifically selected based on the criteria of an undergraduate nursing study program and completed a thesis. Assessment using an anxiety management questionnaire. The results of community service showed an increase from anxiety from 43.77 to 16.18 and from stress from 25.01 to 12.05. The conclusion of community service shows that improving management can reduce anxiety and stress levels in students undertaking their thesis.