PENGUATAN KETERAMPILAN READING COMPREHENSION MELALUI BUKU TOEFL PREPARATION TERKONTEKSTUALISASI VOKASI DI SMK WARGA SURAKARTA

  • Bambang Abdul Syukur Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Ari Pebru Nurlaily Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Dian Mudita Sekolah Menengah Kejuruan Warga Surakarta
Keywords: Blended learning, CLIL, Pelatihan TOEFL, Pendidikan Vokasi, Pemahaman Membaca

Abstract

 Pendidikan vokasi di Indonesia menghadapi tantangan untuk memenuhi tuntutan literasi global, khususnya dalam penguasaan bahasa Inggris teknis di bidang kejuruan. Kondisi ini diperburuk oleh rendahnya keterampilan membaca bahasa Inggris siswa SMK, yang mempengaruhi kesiapan mereka dalam dunia kerja global. Program pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman membaca bahasa Inggris siswa SMK Warga Surakarta melalui integrasi materi TOEFL yang dikontekstualisasikan dengan konten industri, seperti manual instruksi, panduan, dan protokol perawatan pada mesin, kendaraan, ataupun elektronika industri. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan blended learning dalam tiga tahap: (1) pre-test untuk mengukur kemampuan awal, (2) pelatihan terstruktur menggabungkan diskusi tatap muka, latihan digital via platform Socrates, serta analisis kolaboratif dokumen, dan (3) evaluasi melalui post-test dan refleksi peserta. Hasilnya, skor membaca rata-rata meningkat 27,1 poin (dari 315 menjadi 422), dengan 70% peserta (42/60) melampaui ambang skor 400 yang dibutuhkan di industri berorientasi ekspor. Pemahaman teks teknis naik 107 poin, dan keterampilan inferensi meningkat 45%, didukung pendekatan CLIL (Content and Language Integrated Learning). Inovasi program terletak pada adaptasi materi TOEFL dengan konteks kejuruan, menghubungkan teori bahasa dengan aplikasi praktis. Kendala utama meliputi keterbatasan akses internet bagi 32% siswa pedesaan dan durasi program singkat (6 pertemuan) yang menghambat penguasaan teks kompleks. Rekomendasi mencakup perpanjangan durasi pelatihan, pengembangan alat simulasi berbasis AI offline, serta kolaborasi dengan industri untuk penyediaan dokumen teknis autentik. Program ini menjadi model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan daya saing lulusan vokasi di pasar global.

Published
2025-06-02
Section
Articles