PENGALAMAN PREHOSPITAL PASIEN DENGAN STEMI (ST ELEVATION MYOCARD INFRACT) PERTAMA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. MOEWARDI SURAKARTA

  • Anissa Cindy Nurul Afni
  • Sri Andarini
  • Septi Dewi Rachmawati

Abstract

ABSTRAK

Keterlambatan diagnosis dan penanganan biasanya terjadi pada dua puluh empat jam pertama setelah serangan terutama pada fase prehospital. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi pengalaman prehospital pasien dengan STEMI pertama. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif fenomenologi dengan pendekatan interpretif. Partisipan yang ikut dalam penelitian ini delapan pasien dengan STEMI pertama yang pernah dirawat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Analisis data dengan pendekatan Braun and Clarke menghasilkan delapan tema yaitu ketidaknyamanan fisik, ketidaktepatan menafsirkan gejala, keputusan mencari pertolongan, perilaku terhadap keluhan, ungkapan penolakan, reaksi psikologis, penanganan awal, dan perjalanan mendapatkan pelayanan kesehatan. Secara umum keluhan yang dirasakan pasien dengan STEMI pertama berupa ketidaknyamanan fisik yang dirasakan bervariasi oleh masing-masing partisipan. Munculnya ketidaktepatan menafsirkan keluhan dapat disebabkan karena keterbatasan pengetahuan pasien terkait keluhan dan gejala STEMI sehingga mampu menunda keputusan pasien dalam mencari pelayanan kesehatan. Pasien STEMI pertama cenderung menunggu keluhan semakin memberat untuk memutuskan mencari pelayanan kesehatan. Dibutuhkan health education kepada masyarakat mengenai tanda dan gejala STEMI, penanganan prehospital, dan kebutuhan mencari tenaga kesehatan segera.
Kata kunci: pasien, prehospital, STEMI

ABSTRACT

Delay in diagnosis and treatment usually occurs in the first twenty-four hours after the attack, especially in the Prehospital phase. The purpose of this study is to explore the Prehospital experience patients with first STEMI. Qualitative methods in this study using the approach interpretive phenomenological design. Participants in this study were eight patients with a first STEMI who ever cared for in hospitals Dr. Moewardi Surakarta. The data analysis approach Braun and Clarke (2006) resulted in eight themes, namely physical discomfort, inaccuracies interpret symptoms, the decision to help seek, the behavior of the complaint, the expression of rejection, psychological reactions, initial treatment, and the journey to get health care. The conclusion obtained is the appearance of inappropriateness interpret complaints can be caused due to lack of knowledge related to the patient’s complaints and symptoms of STEMI patients so as to delay the decision to seek health care. Needed health education to the public about the signs and symptoms of STEMI, Prehospital treatment, and the need to find medical personnel immediately.
Keywords: client, prehospital, STEMI

Published
2015-06-30
Section
Penelitian