KETERKAITAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT III PRODI D-IV KEPERAWATAN POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA

  • S Sunarto

Abstract

Keseimbangan dari beberapa komponen yang dimiliki mahasiwa baik IQ (Intelligent Quotient), EQ
(Emotional Quotient), AQ ( Adversity Quotient ), SQ ( Spiritual Quotient ) berperanan sangat penting
dalam sesuatu kesuksesan dalam belajar karena hal tersebut berkaitan dengan motivasi setiap individu.
Pembentukan karakter mahasiswa salah satunya melalui berorganisasi. Dalam suatu organisasi
diharapkan mahasiswa mampu bersosialisasi, saling membantu, dan bertukar pendapat sebagai
poin penting yang dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui
keterkaitan keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar
mahasiswa tingkat III Prodi D-IV Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode corelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian
adalah 54 mahasiswa Prodi D-IV Keperawatan tingkat III Jurusan Keperawatan Poltekkes Surakarta.
Penentuan responden penelitian berdasarkan simple random sampling. Uji statistik menggunakan uji
linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi dari variabel keaktifan mahasiswa dalam
organisasi dengan motivasi belajar sebesar 0,5% dengan tanda parameter positif pada angka 0,500. Hasil
t-hitung variabel keaktifan mahasiswa dalam organisasi sebesar 6,387 > nilai t tabel dengan tingkat
kepercayaan 95% yaitu 4,303 artinya ada kontribusi positif dan signifi kan keaktifan mahasiswa dalam
organisasi terhadap motivasi belajar. Perhitungan regresi variabel kecerdasan emosional yaitu 0,500%.
Hasil t-hitung variabel kecerdasan emosional sebesar 6,984 > nilai t tabel dengan tingkat kepercayaan
95% yaitu 4,303 sehingga ada kontribusi positif dan signifi kan kecerdasan emosional terhadap motivasi
belajar. Simpulan penelitian adalah secara simultan variabel keaktifan mahasiswa dalam organisasi
dan kecerdasan emosional berkaitan dengan motivasi belajar pada mahasiswa tingkat III Prodi D-IV
Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta.
Kata kunci: keaktifan mahasiswa berorganisasi, kecerdasan emosional, motivasi belajar

 

ABSTRACT
The balance of several components held good students IQ (Intelligent Quotient), EQ (Emotional
Quotient), AQ (Adversity Quotient), SQ (Spiritual Quotient) very important role in the success in
learning something because it is related to the motivation of each individual. Character formation of
students one of them through the organization. In an organization, students are expected to be able
to socialize, help each other, and exchanged opinions as important points that can motivate students
to learn. The aim of research to determine the activity of students in the organization’s relevance and
emotional intelligence in students’ motivation at third level Diploma IV Study program of Nursing
Health Polytechnic Surakarta. This research is a quantitative research methods corelasional with cross sectional approach. The sample was 54 students Diploma IV Study program of Nursing Health
Polytechnic Surakarta. Determination of survey respondents on the terms of simple random sampling.
Statistical test using multiple linear test. The results showed the contribution of variable activeness of
students in the organization with motivation to learn by 0.5% with positive parameters in the fi gures
mark of 0.500. T-test results of students in the organization of the activity variables of 6.387> t table
value with a confi dence level of 95% as 4.303; there are positive and signifi cant contribution in the
organization of the activity of student motivation to learn. Calculation of regression variables emotional
intelligence that is 0.5%. Results of t-test of emotional intelligence variable 6.984> t table value with
a confi dence level of 95% which is 4.303 so that there is a signifi cant and positive contribution of
emotional intelligence to motivate learning. The conclusions of the study is simultaneously variable
student liveliness and emotional intelligence in organizations related to student motivation to learn at
third level students Diploma IV Study program of Nursing Health Polytechnic Surakarta
Keywords: liveliness student organization, emotional intelligence, motivation to learn

Section
Penelitian