STUDI EKSPLORASI PENGALAMAN MAHASISWA KEPERAWATAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SEVEN JUMP DI PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN STIKES KUSUMA HUSADA SURAKARTA

  • Anissa Cindy Nurul Afni
  • Dyah Ekarini

Abstract

ABSTRAK
Kemajuan ilmu pengetahuan di segala bidang serta tuntutan era globalisasi menuntut setiap orang
mampu bersaing sesuai kompetensi yang dimiliki. Diperlukan adanya upaya peningkatan prestasi
belajar mahasiswa dengan memperbaharui metode pembelajaran dari klasikal menjadi Student Center
Learning (SCL) yang menempatkan peserta didik sebagai pusat kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk
SCL adalah metode Seven Jump. Pembelajaran dimulai dari pemunculan suatu masalah, kemudian
mahasiswa bersama dosen akan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan tujuh langkah yang
disebut Seven Jump Method. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengalaman mahasiswa menggunakan
metode pembelajaran Seven Jump. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif fenomenologi dengan
pendekatan interpretif. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam terhadap delapan mahasiswa
Tingkat II Prodi D III Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surkarta. Analisa data menggunakan
Braun and Clarke yang menghasilkan sembilan tema yaitu ciri khas pembelajaran seven jump, dosen
sebagai pendamping, mahasiswa sebagai pusat pembelajaran, sarana peningkatan soft skill mahasiswa,
hal-hal yang menghambat seven jump, perbedaan ekspresi mengikuti seven jump, tidak ada feed back,
curah pendapat, dan harapan dalam pembelajaran seven jump. Seven Jump memiliki ciri khas dimana
mahasiswa sebagai pusat pembelajaran dan dosen hanya sebagai pendamping. Terdapat kelebihan dan
kekurangan yang dirasakan oleh mahasiswa selama mengikuti kegiatan seven jump dan hal ini akan
mempengaruhi penerimaan mahasiswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: mahasiswa, SCL, seven jump

 

ABSTRACT
The progress of science in all fi elds as well as the demands of globalization requires every person is
able to compete in accordance with their competence. There needs to be an effort to improve student
achievement by renewing teaching methods from classical to Student Center Learning (SCL) that puts
the learner at the center of learning activities. One form of SCL is method Seven Jump Learning starts
from the appearance of a problem, then students with lecturers will solve the problem with the seven
steps are known as the Seven Jump Method. This study investigates the learning experience of students
using seven jump. This study used a qualitative design interpretive phenomenological approach.
Coleccted data with indepth interview used eight students Level II Prodi D III Nursing STIKes Kusuma
Husada Surkarta as a participants. Analysis of the data in this study used Braun and Clarke aproach
which resulted in nine theme that is characteristic of seven jump learning, as an assistant professor, a
student as a center of learning, means of increasing student soft skills, things that inhibit seven jump, differences in expression following the jump seven, not No feed back, brainstorm, and expectations in
seven jump learning. Seven Jump characterized as a learning center where students and faculty only as
a companion. There are advantages and disadvantages perceived by the students during the activities of
seven jump and this will affect the admission of students in the learning process.
Keywords: students, SCL, seven jump

Section
Penelitian