HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN II PADA MAHASISWA SEMESTER III PRODI D-III KEBIDANAN STIKES KUSUMA HUSADA SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016/2017

  • W Wijayanti STIKes Kusuma Husada Surakarta
  • E Ernawati STIKes Kusuma Husada Surakarta
  • Arista Apriani STIKes Kusuma Husada Surakarta
Keywords: Minat baca, Prestasi belajar, Asuhan Kebidanan II, reading interest, learning achievement, midwifery care II

Abstract

Minat baca adalah dorongan dari dalam diri seseorang atau faktor yang menimbulkan ketertarikan atau perhatian secara selektif yang menyebabkan dipilihnya suatu objek atau kegiatan yang menguntungkan, menyenangkan atau mendatangkan kepuasan. Minat baca meliputi keterampilan membaca, intensitas membaca, perhatian, merasakan kenikmatan membaca dan menemukan manfaat membaca. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca dengan prestasi belajar mata kuliah asuhan kebidanan II pada mahasiswa semester III Program studi diploma III Kebidanan STIKes Kusuma Husada Surakarta tahun akademik 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Program studi (Prodi) DIII Kebidanan STIKes Kusuma Husada Surakarta menggunakan kuesioner kepada 50 mahasiswi. Untuk mengukur minat baca digunakan kuesioner sikap minat baca telah diuji validitas dan reliabilitas, sedangkan prestasi belajar diukur dengan nilai absolute dari indeks prestasi (IP) untuk mata kuliah asuhan kebidanan II. Kemudian data dianalisis dengan rumus korelasi Spearman Rank. Hasil dari penelitian didapatkan nilai p = 0,000 dengan kekuatan hubungan tinggi (0,860) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar mata kuliah asuhan kebidanan II pada mahasiswi semester III Prodi DIII Kebidanan STIKes Kusuma Husada Surakarta tahun akademik 2016/2017.

Reading interest is an internal motivation or factor which caused or selective attention which caused an object or a profitable activity choosen, fun on brings satisfaction reading interest consist of reading skill, reading intensity, attention, feel enjoy and find the use of reading. The aim of the reseach is to know the relationship between reading interest with learning achievement in midwifery care II courses of student semester III diploma III midwifery courses of STIKes Kusuma Husada Surakarta for academic year 2016/2017. The research methods used analitic observational with cross sectional approach. The research is done in diploma III midwifery courses of STIKes Kusuma Husada Surakarta by using 50 questioners to students.To measure reading interest used attitude of reading questioner which is tested its validity and reliability. While learning achievement tested by absolute value from grade point for midwifery care II courses. Then datais analyzed with spearman rank correlation formula.The result of the research got P value = 0,000 with high correlation (0,860) that means Ha be accepted and Ho rejected. Based on those result can be summed of that there are significant correlation between. Reading interest with learning achievment for midwifery care II course of student semester III diploma III midwifery courses of STIKes Kusuma Husada Surakarta for academic year 2016/2017.

Published
2017-10-06
Section
Penelitian