PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PEMASANGAN KONTRASEPSI IMPLANT

  • Desy Handayani

Abstract

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1). Apakah ada pengaruh media pembelajaran terhadap pengetahuan tentang pemasangan kontrasepsi implant, 2). Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap pengetahuan tentang pemasangan kontrasepsi implant, dan 3). Apakah ada interaksi pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap pengetahuan tentang pemasangan kontrasepsi implant

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasy experimental design) Control Group Posttest Only Design. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi DIII Kebidanan STIKes Kusuma Husada Surakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Prodi DIII Kebidanan STIKes Kusuma Husada Surakarta. Teknik sampel penelitian yang digunakan sampling  jenuh, yaitu seluruh mahasiswa semester IV berjumlah 90 mahasiswa. Sampel dibagi tiga kelompok yaitu 30 mahasiswa diberi perlakuan dengan media VCD,  30 mahasiswa diberi perlakuan dengan media gambar dan 30 mahasiswa diberi perlakuan dengan media model sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk pengetahuan pemasanagan kontrasepsi implant dan angket untuk instrumen minat belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas variansi menggunakan uji F, dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%, dilanjutkan dengan uji Schefee.

Berdasarkan hasil penelitian maka (1) ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap pengetahuan tentang pemasangan kontrasepsi implant dengan hasil F = 189,186 (sig=0.00 < 0.05 ) sehingga hipotesis yang dikemukakan terbukti kebenarannya, (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap pengetahuan tentang pemasangan kontrasepsi implant dengan hasil F = 7,197 (sig=0.09 < 0.05 ) sehingga hipotesis yang dikemukakan terbukti kebenarannya, (3). Tidak terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap pengetahuan tentang pemasangan kontrasepsi implant dengan hasil F = 0,424 (sig=0,656 > 0.05) sehingga hipotesis yang dikemukakan tidak terbukti kebenarannya

ABSTRACT

 

Purpose of this research are 1) to know the influence of learning media toward knowledge about installation of implants's contraception, 2) to know the influence interest of learning toward knowledge about installation of implant contraception, and 3) to know the interaction of learning media and learning interests toward knowledge about installation of implants contraception. The technique of collecting data knowledge of contraceptive implant installation using the tests, while the data learning of interest using  questionere. The technique analyzed data using two-way analysis of variance. Prerequisite test using the test of normality and homogeneity of using F test, with significance level of 5% followed by Schefee test.

The research use an quasy experimental design control group posttest only design. This research was conducted in the course DIII Midwifery STIKes Kusuma Husada Surakarta. The population involved the research was all of student fourth semester.  The population in this study are all students at four semester study program DIII Midwifery STIKes  Kusuma Husada Surakarta. Techniques sampling used are sample saturated, total all students are 90 students, and then this sample is divided into three groups: 30 students were treated with VCD media, 30 students were treated with media images and 30 students were treated by the media as a control of model

Conclusion the results of this study  are : (1) there is significant influence learning media toward knowledge about the installation of implant contraception with the result F = 189.186 (sig = 0.00 <0.05), so the hypothesis hypothesis can be acceptable (2) there is significant influence of interest's learning toward knowledge about the installation of implant contraception  with the result F = 7.197 (sig = 0.09 <0.05), so the hypothesis  can be acceptable (3). There were no significant influence interaction between instructional media and interest in learning toward knowledge about the installation of implant contraception with the result F = 0.424 (sig = 0.656> 0.05) so that the hypothesis can nto acceptable

Section
Penelitian