LAYANAN WEBSITE BERBASIS EDUKASI “SAYANG WANITA” TERHADAP PERILAKU WANITA USIA SUBUR (WUS) UNTUK IVA TEST

  • Andika Siswoaribowo STIKES Karya Husada Kediri
  • Dina Zakiyyatul Fuadah Stikes Karya Husada Kediri
  • Yola Regita Sari Stikes Karya Husada Kediri
Keywords: IVA test, perilaku, website, behavior

Abstract

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit reproduksi wanita dengan angka kematian yang tinggi. Salah satu  upaya untuk  menekan terjadinya kanker serviks yaitu dengan program inspeksi visual asam asetat (IVA) tes. Penggunaan media layanan website berbasis edukasi “Sayang Wanita” pada era ini akan memudahkan penyebaran informasi dan pengetahuan seseorang. Website ini bisa diakses melalui smartphone untuk memudahkan pengguna sehingga menimbulkan kesadaran dan akhirnya akan merubah perilaku WUS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan layanan website berbasis edukasiSayang Wanita” dalam meningkatkan perilaku WUS untuk melakukan pemeriksaan IVA. Desain penelitian ini quasi exsperimental design dengan rancangan posttest control group design. Penelitian ini melibatkan 44 responden yang terbagi dalam kelompok perlakuan (n=22) dan kelompok kontrol (n=22). Perilaku WUS dalam melakukan pemeriksaan IVA diukur sesudah diberikan intervesi selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan perilaku WUS pada kelompok perlakuan sebesar 86,9% datang untuk melakukan pemeriksaan IVA, sedangkan pada kelompok kontrol sebagian besar 95,5% tidak datang untuk melakukan pemeriksaan IVA. Terdapat perbedaan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan Uji Independent T-Test nilai  p value  0,001 artinya terdapat pengaruh penggunaan layanan website berbasis edukasi “Sayang Wanita” terhadap perilaku WUS untuk melakukan pemeriksaan IVA. Media informasi melalui website “Sayang Wanita” ini dapat meningkatkan perilaku kesehatan.

Cervical cancer is one of the reproductive diseases with a large number of deaths. One of the effort to decrease the cervical cancer problem is by IVA test. The media of website service use of “Sayang Wanita” education based is to facilitate the information spread and someone’s knowledge. The website can be accessed from a smartphone to facilitate the users which raise their awareness and eventually change the woman of childbearing age’s behavior. This research is aimed to discover the influence of website service use of “Sayang Wanita” education based to enhance the woman of childbearing age’s behaviour for conducting IVA test. This research method was quasi-experimental design with post-test control group design. This research implicated 44 respondents which divided into treatment groups (n=22) and control groups (n=22). The woman of childbearing age’s behavior in conducting IVA test was measured after given intervention 4 weeks. The research results showed the women of childbearing age’s behavior at 86% treatment group came to have IVA test, while the control group most of the 95,5% did not come to have IVA test. There was a significantly difference between treatment group and control group analysed by Independent T-Test (p value 0,001). It means there is an influence of website use service of “Sayang Wanita” education based toward woman of childbearing age’s behavior to conduct IVA test. Media information IVA “Sayang Wanita” website is able to change the human’s behavior in improving the health behavior and providing an alternative media for public education.

Published
2021-07-16
Section
Articles