Kesiapan Belajar Online Mahasiswa Profesi Keperawatan di Masa Pandemi COVID-19

  • Istinengtiyas Tirta Suminar Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Diah Nur Anisa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Keywords: kesiapan, pandemi covid-19, pembelajaran online, pembelajaran profesi ners, covid 19 pandemic, nursing profession learning, online learning, readiness

Abstract

Penggunaan tehnologi dalam pembelajaran daring merupakan alternatif pembelajaran di masa pandemi. Pengukuran terhadap kesiapan mahasiswa dalam menjalankan pembelajaran daring perlu dilakukan demi keberhasilan dan kepuasan penerapan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan mahasiswa profesi Ners dalam pembelajaran daring Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 41 mahasiswa Profesi Ners Program Studi Profesi Ners Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta TA 2020/2021. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Juli 2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Student Online Learning Readiness (SOLR) untuk mengukur kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran daring. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis Univariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat kesiapan yang tinggi dalam pembelajaran online (63,4%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesiapan siswa yang tinggi dalam melaksanakan pembelajaran online diperlukan untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan pembelajaran online.

The use of technology in online learning is an alternative to learning during a pandemic. Measurement of student readiness in carrying out online learning needs to be done for the success and satisfaction of implementing online learning. The purpose of this study was to determine the readiness of nursing professional students in online learning for Covid-19. This study was a quantitative descriptive study using a survey approach. The sample of study was 41 students of the Nursing Profession Program of the Nursing Profession Program at the University of Aisyiyah Yogyakarta 2020/2021. The sampling technique used purposive sampling and the study was conducted in June-July 2021. The instrument used in the study was Student Online Learning Readiness (SOLR) to measure student readiness in online learning. Analysis of the data used Univariate analysis. The results showed that most of the students had a high level of readiness in online learning (63.4%). The conclusion of the study is that high student readiness in carrying out online learning is needed to achieve the successful implementation of online learning.

Published
2022-07-21
Section
Articles